Cara Pembuatan Papan untuk Furniture

 

Papan Kayu

Berikut cara dalam membuat papan kayu untuk komponen furniture

Logs kayu/ Gelondong

Kayu hasil dari penebangan dinamakan logs kayu ataupun gelondong. dari proses pembuatan papan berawal. Logs ataupun kerap diucap kayu gelondongan di distribusikan oleh Perhutani ataupun penjual kayu rakyat ke pembeli kayu serta pusat penggergajian kayu ataupun Saw Mill memakai angkutan spesial.


Kadangkala kala sebagian pihak mengupas kulit kayu logs supaya dapat lebih kilat kering sepanjang penyimpanan. perihal ini pasti saja pengaruhi harga jual dari log itu sendiri.


Penggergajian Kayu/Pemotongan

Selanjutnya dari metode pembuatan papan bahan Furniture merupakan pemisahan kayu. Kayu log/ gelondong dibelah dengan dimensi ketebalan papan cocok dengan yang diperlukan buat pembuatan furniture. 


Proses pemisahan log ini memerlukan ketelitian serta pengalaman yang lumayan besar, para pengusaha mebel diindonesia wajib dapat mengendalikan posisi log dengan gergaji atau sawmill sehingga kayu gelondong bisa optimal dalam penggunaannya serta tidak banyak terbuang jadi limbah. Banyak sekali pengusaha mebel diindonesia yang merugi akibat minimnya pengalaman serta pengetahuan dalam proses ini.


Kiln Dry/ Pengeringan Papan

Proses berikutnya merupakan pengeringan. Sehabis papan kayu di belah di industri saw milling, papan-papan tersebut wajib di keringkan terlebih dulu saat sebelum dapat di proses jadi produk jadi. Terdapat sebagian metode dalam pengeringan papan kayu, buat industri mebel kayu jati dengan kapasitas penciptaan yang besar biasa


memakai sistem water heater maupun elektrik heater dengan skala ruangan yang besar. tetapi buat pengrajin mebel dengan skala kecil biasa memakai sistem kiln dry/ oven panggang dengan batu bara. Masing - masing sistem memiliki keuntungan serta kerugian tertentu.


Saat sebelum masuk ke dalam ruangan kiln dry papan - papan yang sudah di belah wajib di anginkan di ruangan yang bersirkulasi hawa baik serta kering. perihal ini buat merendahkan efek kehancuran papan akibat pergantian struktur kayu yang ekstrem. proses ini memakan waktu kurang lebih 1– 2 minggu.


 Sehabis itu baru papan-papan tersebut kayu dapat di masukkan ke dalam ruangan kiln dry, pasti saja dengan penyusunan papan serta pengaturan ruangan tertentu. perihal ini pula memerlukan metode terbaik serta pengamatan tertentu tentang penyusunan serta berapa lama waktu yang diperlukan buat menjauhi kehancuran papan yang sangat parah.


Setelah Bahan papan kayu sudah siap selanjutnya kita dapat membuat furniture yang diinginkan seperti Meja makan, meja sekolah, meja belajar, almari, dipan dan furniture kayu lainnya. Hasil produk furniture akan maksimal jika bahan papan yang digunakan berkualitas.



LihatTutupKomentar